Skip to main content

Resume Jurnal Psikologi Komunikasi "Karakteristik Psikologis Spesifik Interpersonal Hubungan Anak Prasekolah"

Halo Good Readers, lama tak berjumpa tiba-tiba sudah dipenghujung tahun 2020. Semoga sehat selalu dan tetap patuhi protokol kesehatan 3M untuk menjaga diri kita dan orang-orang disekitar kita.

Oke, kali ini saya mau kasih tau resume jurnal yang sudah lama dibuat saat kuliah tentang psikologi komunikasi. Judul jurnalnya "Specific Psychological Characteristics of Interpersonal Relationships in  Preschool Children", penulisnya Elena E. Rukavishnikova, penerbit Elsevier Ltd.

Resume yang saya buat ini udah dibikin ke versi bahasa Indonesianya, kalo mau versi aslinya nanti kalian bisa search judulnya buat download PDFnya. Oke langsung dicek aja dan selamat membaca. :)


           Specific Psychological Characteristics of Interpersonal

Relationships in Preschool Children

(Karakteristik Psikologis Spesifik Interpersonal Hubungan Anak Prasekolah)

A. Abstrak

Di dalam bagian abstrak dijelaskan bahwa komunikasi utama selain dari hubungan keluarga adalah dari teman sebaya atau teman bermain dari si anak tersebut. Komunikasi interpersonal dalam teman sebaya merupakan salah satu faktor dalam perkembangan si anak dalam masa belajar prasekolah karena dari situ dapat membangun kepribadian dan hubungan interpersonal dari kegiatan sekolahnya. Dan tujuan jurnal tersebut adalah untuk menyajikan hasil studi eksperimental ke dalam hubungan anak prasekolah yang lebih tua dengan rekan-rekan mereka dan, berdasarkan hal itu, untuk membenarkan kebutuhan dan menguraikan sebuah program untuk pelatihan dan mengembangkan komunikasi pada anak prasekolah yang lebih tua.

B. Pengantar

            Komunikasi interpersonal seperti jenis anak prasekolah aktivitas sosial, merupakan faktor utama dalam pengembangan kepribadian anak prasekolah untuk masa depannya nanti.
Usia dan kepribadian individu serta keganjilan komunikasi bersamaan dengan mekanisme mereka, implementasi dan perubahan menjadi subyek studi oleh para profesional di bidang pendidikan, anak dan psikologi perkembangan. Dan pada saat bersamaan juga perkembangan anak pada zaman dulu dan zaman sekarang tentu berbeda, pada zaman modern ini perubahan terjadi oleh “teknik” kehidupan mereka sehari-hari dan oleh “intelektualisasi” pendidikan yang mereka terima dan menyebabkan jumlah anak yang mengalami perbedaan terutama pada sisi kognisi, pembicaraan, dan perkembangan komunikasi, seiring dengan masalah emosional lingkungan dan komplikasi dalam membangun hubungan dengan teman sebaya dan orang dewasa. Seseorang bernama Moulding adalah salah satu orang yang sukses dalam mengorganisir interaksi interpersonal, menyelesaikan tugas komunikasi dan menemukan adaptasi yang sukses di ruang sosio-kultural kontemporer dimana itu merupakan prioritas dalam pekerjaan dengan anak-anak prasekolah yang lebih tua.

2. Deskripsi Metode
      Metode yang digunakan dalam meneliti perkembangan anak prasekolah adalah dengan melalui pengamatan. Teknik yang digunakan pun yaitu teknik sosio-metrik yang disebut “Rahasia”. Dan "Teknik" Fitur khusus komunikasi anak dalam sebuah permainan situasi".

3. Karakteristik sampel
        Dalam penelitian tersebut terdiri dari 43 anak usia antara 5,5 dan 6,5 tahun. Penelitian dilakukan di sebuah sekolah taman kanak-kanak yang berada di wilayah Stavropol pada bulan November 2015.

4. Hasil

    4.1. Penentuan preferensi selektif dan hubungan anak dalam suatu kelompok.
     Indikator sosio-metrik dan isi alasan untuk pilihan ini atau yang mengungkapkan bahwa interaksi anak-anak relatif stabil dan mereka dimediasi, di tempat pertama, oleh permainan aktivitas mereka bersama. Namun, posisi anak pada struktur sosio-metrik bukanlah satu-satunya indikator statusnya dalam kelompok tersebut.

4.2. Deskripsi kualitas komunikasi anak prasekolah pada tahap seleksi pasangan

      Hasil diagnosa menggunakan teknik "Kriteria’ Anak dalam memilih pasangan untuk interaksi "mengklasifikasikan kriteria seleksi yang memungkinkan untuk menilai orientasi nilai anak dan tentang fungsinya bahwa teman sebayanya dari kelompok taman kanak-kanak mewakili mereka, dan sangat penting bagi seorang anak.

Kurangnya pembenarannya pilihan jawaban atas beberapa anak dapat dijelaskan oleh kesadaran yang tidak mencukupi tentang kesengsaraan hubungan mereka dan dengan kesulitan verbal tertentu. Semua motif pilihan dibagi menjadi empat jenis, tergantung isinya. Jenis motif pertama memahami pembenaran berdasarkan sikap emosional positif umum terhadap rekan kerja, tanpa kecukupan realisasi sikap ini ("Saya suka dia / dia - ini dia!") atau dengan deskripsi global tentang tipe . Pada tipe kedua pilihan itu dibenarkan oleh satu atau lain kualitas positif seorang rekan (43%). Di ketiga jenis pilihannya dibenarkan oleh minat anak dalam aktivitas gabungan (30%) dan tipe keempat - dengan ramah hubungan (19%).

Anak-anak menekankan pada rekan mereka keterampilan untuk bermain damai, kesiapan untuk membantu, kebaikan hati, tidak adanya agresivitas, dll. Isi motif moral dan bentuk di mana jawaban diberikan mengungkapkan perbedaan signifikan dari jenis motif ini di usia yang lebih tua sebelum sekolah. Anak-anak lebih sering menamakan kualitas moral rekan mereka, yang mempengaruhi secara positif semua anak dalam kelompok. Menurut saya, inilah kualitas yang diperoleh anak di bawah pengaruh kehidupannya di taman kanak-kanak dan yang secara aktif ditanamkan oleh guru.


4.3. Karakteristik khusus komunikasi anak prasekolah dalam aktivitas permainan

Komunikasi positif dalam situasi bermain berkontribusi terhadap pembentukan kasih sayang selektif antara anak-anak. Permainan role-role-playing menawarkan anak-anak prasekolah kemungkinan terbesar untuk mendapatkan pengalaman dalam membangun hubungan mereka sendiri. Bentuk perilaku sosial dikembangkan atas dasar ini.

Mereka bergabung sesuai keinginan, sementara komunikasi, menjadi bagian dari permainan, bertindak merupakan salah satu yang terpenting untuk kondisi aktualisasi hubungan ini. Mereka mencatat fakta bahwa hubungan antara anak-anak dalam situasi permainan sebagian besar dikondisikan oleh preferensi selektif anak tersebut berdasarkan perasaan mereka menyukai rekan tersebut. Selain itu, fakta bahwa seorang anak dalam sebuah permainan tidak hanya berfokus pada tindakan dan operasi game itu sendiri dan pada dinamika acara game, tapi juga pada peer, pada lingkup persyaratan dan perasaan rekan adalah kondisi penting untuk membangun sosial menerima hubungan antar anak. Data ini menegaskan kecenderungan berbasis usia pada seorang anak semakin banyak menggunakan komunikasinya dengan rekan sebaya sebagai sarana untuk mengedepankan yang terakhir di lapangan tugas yang berkaitan dengan kegiatan bersama mereka.

C. Kesimpulan

Karakteristik psikologis khusus dari komunikasi prasekolah yang lebih tua dengan teman sebaya dikondisikan oleh sifat interaksi mereka dengan teman sebaya, pengembangan sarana dan bentuk komunikasi, dan perubahan kualitas kepribadian. Analisis empiris hasil penelitian menunjukkan:

1. Rasio berbagai jenis motif yang formulasinya jelas menunjukkan transisi dari global ke spesifik karakteristik dimana kualitas moral memainkan peran penting, khususnya, kebaikan dan keterampilan bermain secara damai dan adil; serta pergeseran dari penekanan pada bagian fungsional dari hubungan yang terkait dengan pentingnya kegiatan bersama yang sukses dengan justifikasi pilihan oleh hubungan persahabatan;

2. Hubungan interpersonal antara anak prasekolah muncul dalam struktur aktivitas permainan dan aktivitasnya komunikasi sebagai komunikasi permainan yang mengatur kerjasama transaksional dalam situasi bermain dan pemeliharaan. Suasana emosional yang umum bagi semua peserta dalam kegiatan ini. Langkah selanjutnya dalam mempelajari hubungan interpersonal pada usia prasekolah adalah menguraikan sebuah program untuk melatih dan mengembangkan keterampilan berkomunikasi pada anak prasekolah yang lebih tua.

Referensi

Volkov B.S., Volkova N.V. Obschenie doshkol'nikov so sverstnikami [Communication with

peers in preschoolers] // Psikhologiya obscheniya v detskom vozraste [Psychology of communication in infancy]. Saint-Petersburg: 2008, pp. 190-206.

Uruntayeva G.A., Afonkina U.A. Obschenie so vzroslimi i sverstnikami [Communication

with adults and peers] // Praktikum po doshkol'noy psikhologiy [Practical work on preschool psychology]. Moscow: 2009, pp. 182-205.

Smirnova E.O., Galiguzova L.N., Meshcheryakova–Zamoguilnaya S.U. Vozrastnaya

dinamika otnosheniya ksverstniku v doshkol'nom vozraste [Age-based dynamics of interaction with a peer in the preschool age] // Mezhlichnostniye otnosheniya ot rozhdeniya do semi let [Interpersonal relationships from birth to the age of seven]. Moscow: Voronezh; 2001, pp. 67-88.


Oke Good Readers, lebih kurang begitu hasil resume Psikologi Komunikasi saya terkait Karakteristik Psikologis Spesifik Interpersonal Hubungan Anak Prasekolah.
Silahkan di share kesini buat yang punya tanggapan berbeda biar kita sama-sama belajar.
Semoga bermanfaat~


Comments

Popular posts from this blog

5 Contoh Teks Naskah Berita Yang Perlu Anda Ketahui

Halo Good Readers.. Kembali berjumpa lagi dengan saya, semoga kalian dalam keadaan sehat selalu yaa. Oke, kali ini saya akan memberikan contoh teks naskah berita televisi yang sudah saya himpun dari beberapa stasiun TV swasta. Teks naskah berita yang baik tentunya mengandung unsur 5W+1H didalamnya dong yaa dan ada kode etik jurnalistik dalam menyampaikan berita salah satunya yaitu cover both side yaitu perlakuan berimbang terhadap objek yang diberitakan dan kita harus bersifat netral. Namun, sebelum kebagian teks naskah berita ada beberapa istilah-istilah yang perlu saya kasih tau nih, yaitu: a. Lead/Teras berita adalah paragraf pertama dalam berita yang mengandung gambaran umum suatu berita. Teras Berita yang ideal adalah yang menggandung unsur 5W + 1 H. Unsur 5 W + 1 H adalah  What  (Apa),  Who  (Siapa),  Why  (Kenapa),  When  (Kapan),  Where  (Dimana) dan  How  (Bagaimana). Namun tidak ada urutan rumus yang pasti dalam menempatkan mana yang harus lebih dulu ditulis

Makalah Sifat Relasi Manusia dan Pengembangan Relasi dalam Komunikasi Antar Pribadi

Halo Good Readers, tak terasa kini berjumpa diakhir bulan April. Oke kali ini saya akan memberikan pembahasan mengenai  Sifat Relasi Manusia dan Pengembangan Relasi dalam Komunikasi Antar Pribadi . Sumber footnote dan daftar pustaka juga sudah tertera yaa. Langsung saja silakan baca dibawah ini ya :) BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang       Pada dasarnya, relasi antar pribadi itu bersifat dinamis, sehingga bisa berubah dari tit i k harmonis ke titik konflik. K omunikasi memegang peran penting dalam membangun, mengembangkan, dan menjaga relasi antar pribadi.       Titik penting dalam relasi antar pribadi itu ada pada pemahaman . Komunikasi bisa membangun pemahaman, tetapi bisa juga sebaliknya membangun kesalahpahaman atau salah pengertian. Apabila komunikasi mampu membangun pemahaman, maka dalam relasi antarpribadi terbangun rasa percaya diri sehingga membawa pada keterbukaan dan akhirnya relasi yang intim. Kemampuan komunikasi dengan baik juga merupakan kemampuan yang

Cara mudah menggambar karakter di Anime Naruto "Kakashi Hatake"

Halo Good Readers and Good Sketchers. Lama tak jumpa nih, semoga kalian sehat selalu yaa. Oke, kali ini saya akan membagikan tutorial menggambar karakter di anime Naruto yang sudah tak asing lagi nih. Siapa? Ya, kita akan belajar menggambar gurunya Naruto yaitu Kakashi Hatake. Sebelum masuk ke bagian tutorial gambarnya, saya akan kasih sedikit gambaran sedikit. Siapa sih kakashi itu? Berikut sekilas tentang Kakashi Hatake. Kakashi hatake dicirikan punya mata yang sayu, rambut yang berwarna putih, mata kirinya ditutupi pelindung kepala Konoha, dan selalu membawa buku novel dewasa yang dibuat oleh Jiraiya. Dia adalah guru dari Naruto, Sakura, dan Sasuke atau biasa disebut Tim 7. Dia sendiri merupakan murid dari ayah Naruto yaitu Hokage ke-4 Minato Namikaze. Hal unik yang dimiliki Kakashi adalah mulut dan hidungnya yang tidak pernah diperlihatkan.  Ya mungkin sekarang kalian sudah ngga penasarankan dengan mukanya :D. Kelakuannya yang paling menjengkelkan bagi Naruto dan k