Skip to main content

Contoh Book Report

Halo lagiii hehe, kali ini saya akan membagikan contoh book report dan juga berupa urutan sistematika penulisannya. Karena saya orang Indonesia asli saya menggunakan contoh book report pakai bahasa Indonesia saja ya biar mudah walaupun bahasa inggris adalah bahasa internasional. Berikut contohnya:

Identitas Buku :
( COVER BUKU )
Judul                           
Penulis                         
Penerjemah                  
Cetakan                        
Penerbit                       
Desain Sampul             
Nomor ISBN              
Tebal

Sinopsis :
Hidup tanpa agama adalah ibarat kapal tanpa nahkoda, tidak jelas arah dan tujuannya, mudah terombang-ambing oleh ombak, dan akhirnya karam. Manusia, siapa pun dia, membutuhkan kehadiran agama sebagai pegangan, penuntun, dan pandangan hidup yang mengarahkannya kepada tujuan mulia. Menurut Behesyti, manusia yang tidak memiliki pandangan hidup selalu berada dalam kecemasan dan kebimbangan. Oleh karena itu, menjadikan Islam sebagai pandangan hidup adalah tindakan utama.
            Buku Mencari Hakikat Agama ini berisi buah pikiran berharga dari Behesyti tentang Islam sebagai pandangan hidup manusia modern. Sebagian besar ditulis ketika dia mengasingkan diri ke Jerman (1963-1970). Dalam buku ini, Behesyti mengurai kemunculan agama. Ada tiga teori tentang kemunculan agama: agama adalah produk dari rasa takut, agama diciptakan oleh kondisi ekonomi dan ikatan sosial, dan agama diciptakan oleh semangat mencari keadilan. Dengan gamblang, dia menganalisis ketiga teori ini, lalu mengakhirinya dengan menjelaskan kemunculan Islam.
v Secara mendalam, Behesyti juga menjelaskan hal-hal sebagai berikut:
·    Hubungan iman dan pandangan hidup manusia.
·    Proses pencarian dan pembentukan keyakinan beragama.
·    Masa depan agama dalam kehidupan manusia modern. 
Muhammad Husaini Behesyti mendapatkan dasar-dasar kecendekiawanannya di Qum Iran, di bawah bimbingan ulama terkemuka, antara lain 'Allamah Thabathaba'i dan Murtadha Muthahhari. Pada masa rezim Syah, doktor dalam bidang filsafat teologi ini, terpaksa mengasingkan diri ke Hamburg, Jerman, karena aktivitas politiknya. Pada periode ini pula, dia sempat bergabung dengan Imam Khomeini di Paris. Sepulangnya dari Paris, dia memainkan peran penting dalam merancang Revolusi Islam. Atas perintah Imam, dia membentuk dan memimpin dewan revolusi hingga revolusi mencapai kemenangan. Pascarevolusi, dia duduk di pemerintahan sebagai Menteri Kehakiman dan Ketua Mahkamah Agung. Dia terus menjalani tugas hingga suatu malam, 28 Juni 1981, ketika sedang berceramah, dia terbunuh oleh ledakan bom.
  

Kelebihan dan Kekurangan Buku :
·       Kelebihan
      Anda ingin lebih mengetahui tentang hakikat dari sebuah agama yang anda jalani setiap hari? Anda ingin bisa memahami makna dari agama dengan mudah? Telah hadir di hadapan anda buku Mencari Hakikat Agama. Sebuah buku yang InsyaAllah menjawab semua pertanyaan anda untuk mengetahui inti dari hakikat sebuah agama.

Kata Hakikat (Haqiqat) berasal dari bahasa Arab yaitu dari kata “Al-Haqq”, dalam bahasa Indonesia menjadi kata pokok yaitu kata “hak” yang berarti milik (ke-punyaan), kebenaran, atau yang benar-benar ada, sedangkan secara etimologi Hakikat berarti inti sesuatu, puncak atau sumber dari segala sesuatu. Dengan membaca buku ini InsyaAllah anda akan mendapatkan inti dari pencarian hakikat agama. Wawasan anda akan terbuka tentang betapa luasnya ajaran Islam. Selanjutnya, anda akan terdorong untuk mencari hakikat agama itu dengan sendirinya.

Pertama, Buku ini adalah salah satu dengan kondisi kekinian umat Islam, sehingga ia benar-benar menjadi buku yang bermutu dan masuk ke ruang lingkup zaman ini.

Kedua, Semua rujukannya bersumber dari Al-Qur’an yang meyakinkan hati pembacanya bahwa tidak ada keraguan pada yang dibacanya.

Ketiga, Sistematika pembahasannya dibuat secara teratur, sehingga mudah dipahami.

Keempat, Bahasa dan susunan kalimatnya mudah dipahami. Saat anda membaca buku ini anda akan berfikir lebih dalam akan apa yang sudah anda lakukan selama ini sebenarnya bisa menuntun untuk mencari hakikat agama sesungguhnya.

Buku ini menghimpun peran manusia, aliran pemikiran yang dianut, interpretasi tentang agama, kenabian, sampai manusia dan masa depan.
Dengan mendalami aspek dari segala peran yang dilakukan manusia mulai dari hal-hal kecil hingga masa depan di dalam buku ini sudah di atur sedemikian rupa agar jelas dalam melakukan tindakannya dan tentunya bermanfaat bagi kita selaku makhluknya agar menjadi lebih taat.
·       Kekurangan

Pertama, Tidak ada tulisan berbahasa Arab dalam menyerukan ayat Al-Qur’an melainkan hanya artinya saja.

Kedua, Semua umur bisa membacanya namun, jika yang membaca anak kecil yang pemahamannya belum begitu mendalam alangkah baiknya untuk ditemani dan dibimbing oleh orang yang lebih mengerti.

Ketiga, Ada contoh-contoh yang diberikan kurang jelas sehingga ketika membacanya harus mengulangnya beberapa kali.

  
Kesimpulan
      Dari semua uraian per bab yang ada dalam buku Mencari Hakikat Agama: Panduan Rasional Bagi Manusia Modern ini dapat disimpulkan sebagai berikut :
1.      Al-Qur’an bukan saja tidak menganggap ilmu tentang praktis, antropologi, pengetahuan ilmiah dan investigative tentang alam, dan pemikiran tanpa batas penghalang dan bertentangan dengan kepercayaan, tetapi Al-Qur’an juga memercayai semuanya itu membentuk jalan yang paling tepat untuk mengetahui kualitas kepercayaan (iman) yang berharga.
2.      Pencarian ideologi kehidupan yang sejahtera ini adalah orang-orang yang telah mencapai kesimpulan nyata dalam fase ini dan memilih pandangan dunia ilahiah.
3.      Orang yang telah sungguh-sungguh mulai melangkah di jalan riset dan survei, melalui realism dan pergelakan prasangka ideologilah, kita mengajak seluruh sahabat kita untuk mengkaji dan meninjau “ideologi islam”.
4.      Bahwa pengetahuan yang dicapai melalui wahyu ilahi dan pengetahuan yang diabsahkan perasaan dan akal berfungsi sebagai dua sayap yang membawa manusia menuju kemakmuran yang riil dan multiaspek.

5.      Wahyu Ilahi menyatakan bahwa system dunia saat ini pada akhirnya akan diubah menjadi system yang lain. Fase transisi dari sistem ini ke sistem yang lain diinterpretasikan sebagai “Hari Kebangkitan (kiamat) dalam Al-Qur’an (bukti wahyu ilahi yang terjaga dan dapat diandalkan).


NB : Biasanya laporan buku harus menyertakan foto buku tersebut dan identitas bukunya lengkap, jadi alangkah baiknya jika dimasukan cover bukunya karena berfungsi sebagai alat bukti juga. Semoga bermanfaat, maaf bila ada  kekurangan.

Comments

Popular posts from this blog

5 Contoh Teks Naskah Berita Yang Perlu Anda Ketahui

Halo Good Readers.. Kembali berjumpa lagi dengan saya, semoga kalian dalam keadaan sehat selalu yaa. Oke, kali ini saya akan memberikan contoh teks naskah berita televisi yang sudah saya himpun dari beberapa stasiun TV swasta. Teks naskah berita yang baik tentunya mengandung unsur 5W+1H didalamnya dong yaa dan ada kode etik jurnalistik dalam menyampaikan berita salah satunya yaitu cover both side yaitu perlakuan berimbang terhadap objek yang diberitakan dan kita harus bersifat netral. Namun, sebelum kebagian teks naskah berita ada beberapa istilah-istilah yang perlu saya kasih tau nih, yaitu: a. Lead/Teras berita adalah paragraf pertama dalam berita yang mengandung gambaran umum suatu berita. Teras Berita yang ideal adalah yang menggandung unsur 5W + 1 H. Unsur 5 W + 1 H adalah  What  (Apa),  Who  (Siapa),  Why  (Kenapa),  When  (Kapan),  Where  (Dimana) dan  How  (Bagaimana). Namun tidak ada urutan rumus yang pasti dalam menempatkan mana yang harus lebih dulu ditulis

Makalah Sifat Relasi Manusia dan Pengembangan Relasi dalam Komunikasi Antar Pribadi

Halo Good Readers, tak terasa kini berjumpa diakhir bulan April. Oke kali ini saya akan memberikan pembahasan mengenai  Sifat Relasi Manusia dan Pengembangan Relasi dalam Komunikasi Antar Pribadi . Sumber footnote dan daftar pustaka juga sudah tertera yaa. Langsung saja silakan baca dibawah ini ya :) BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang       Pada dasarnya, relasi antar pribadi itu bersifat dinamis, sehingga bisa berubah dari tit i k harmonis ke titik konflik. K omunikasi memegang peran penting dalam membangun, mengembangkan, dan menjaga relasi antar pribadi.       Titik penting dalam relasi antar pribadi itu ada pada pemahaman . Komunikasi bisa membangun pemahaman, tetapi bisa juga sebaliknya membangun kesalahpahaman atau salah pengertian. Apabila komunikasi mampu membangun pemahaman, maka dalam relasi antarpribadi terbangun rasa percaya diri sehingga membawa pada keterbukaan dan akhirnya relasi yang intim. Kemampuan komunikasi dengan baik juga merupakan kemampuan yang

Cara mudah menggambar karakter di Anime Naruto "Kakashi Hatake"

Halo Good Readers and Good Sketchers. Lama tak jumpa nih, semoga kalian sehat selalu yaa. Oke, kali ini saya akan membagikan tutorial menggambar karakter di anime Naruto yang sudah tak asing lagi nih. Siapa? Ya, kita akan belajar menggambar gurunya Naruto yaitu Kakashi Hatake. Sebelum masuk ke bagian tutorial gambarnya, saya akan kasih sedikit gambaran sedikit. Siapa sih kakashi itu? Berikut sekilas tentang Kakashi Hatake. Kakashi hatake dicirikan punya mata yang sayu, rambut yang berwarna putih, mata kirinya ditutupi pelindung kepala Konoha, dan selalu membawa buku novel dewasa yang dibuat oleh Jiraiya. Dia adalah guru dari Naruto, Sakura, dan Sasuke atau biasa disebut Tim 7. Dia sendiri merupakan murid dari ayah Naruto yaitu Hokage ke-4 Minato Namikaze. Hal unik yang dimiliki Kakashi adalah mulut dan hidungnya yang tidak pernah diperlihatkan.  Ya mungkin sekarang kalian sudah ngga penasarankan dengan mukanya :D. Kelakuannya yang paling menjengkelkan bagi Naruto dan k