Skip to main content

5 Alat Pelindung Olahraga Panahan Untuk Pemula Yang Harus Dimiliki

5 alat pelindung olahraga panahan untuk pemula
Alat pelindung panahan harus dimiliki oleh pemula maupun professional (Foto: Dokumen Pribadi)

Halo Good Readers, apa kabarnya di bulan desember ini? Semoga sehat selalu ya.
Baiklah, berhubung saya juga berkecimpung di dunia panahan, kali ini saya akan memberikan ulasan informasi terkait alat pelindung olahraga panahan yang harus dimiliki pemula. Sebelum masuk kesitu , saya kasih sedikit pengantar buat kamu semua.

Cabang olahraga panahan kini telah menjadi olahraga modern, walaupun tidak sepopuler sepak bola, basket, atau bulu tangkis, namun olahraga panahan memiliki posisi tersendiri di hati berbagai kalangan yang menggelutinya. Untuk para generasi milenials misalnya, baik itu dari anak-anak hingga orang tua pun kini banyak yang menggeluti olahraga panahan. Ditambah lagi belum lama ini pada ajang Asian Games 2018 cabang olahraga panahan menyumbangkan 2 medali yaitu medali perak dan medali perunggu. Hal tersebutlah yang menambah semangat berbagai kalangan untuk turut serta dalam mempelajari olahraga panahan. Dan setiap beberapa bulan atau setahun sekali tentu ada lomba panahan baik tingkat nasional atau pun internasional dari berbagai penjuru yang membuat para atlit panahan ingin berlomba-lomba menguji kemampuannya.

Banyak kalangan pula mengira bahwa olahraga panahan adalah olahraga yang mudah dan aman. Namun kenyataannya olahraga ini perlu bimbingan dari ahli ketika kita hendak memulainya dan juga memerlukan alat pelindung untuk keamanannya.

Nah disini saya memberikan ulasan saya terkait 5 alat pelindung olahraga panahan untuk pemula yang harus dimiliki berdasarkan pengalaman pribadi saya.

1. Pelindung Lengan Tangan, untuk melindungi dari sabetan tali busur
5 alat pelindung olahraga panahan untuk pemula
Arm guard sebagai alat panahan pelindung lengan (Foto: Dokumen Pribadi)

Pelindung lengan atau arm guard adalah perlengkapan yang wajib digunakan oleh pemanah pemula ataupun professional. Mengapa dikatakan wajib? Karena setelah kita menarik busur dan melepas anak panah disadari atau tidak, tangan kita akan terkena sabetan atau jepretan dari tali busur. Baik itu tarikan busur ringan bahkan berat apabila lengan tangan kita tidak dilindungi arm guard tentu itu bisa membuat memar karena kita melakukannya puluhan bahkan ratusan kali tembakan.

Arm guard disini selain melindungi tangan kita tentu memiliki fungsi lain yaitu membuat tangan kita menjadi lebih kokoh dan stabil ketika hendak menembak anak panah atau arrow. Mengapa demikian? Tentu apabila kita tidak menggunakan arm guard lengan kita akan membiru dan merasakan sakit yang membuat membutuhkan pemulihan, dan hal itu akan mengurangi performa kita dalam membidik sasaran dikarenakan tangan kita sudah tidak kuat dan kurang stabil. Jadi baiknya kita menggunakan arm guard ketika hendak memanah untuk menghindari cedera yang tidak diinginkan.

2. Finger Tab, yang dipakai untuk melindungi jari
5 alat pelindung olahraga panahan untuk pemula
Finger Tab sebagai pelindung jari dari tali busur (Foto: Dokumen Pribadi)


Finger tab atau pelindung jari menjadi bagian penting dan utama dalam hal alat pelindung olahraga panahan khususnya untuk jari. Finger tab merupakan salah satu alat yang kelihatannya tidak terlalu penting namun kenyataannya sangat perlu digunakan. Mengapa demikian? Finger tab berfungsi melindungi jari pemanah terutama jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis dari tali busur.

Jenis finger tab pun beragam, ada yang dari sintesis ada pula yang dari kulit asli. Lalu jika kita lihat ke gambar, apabila diperhatikan dengan seksama, bagian telunjuk dari finger tab tersebut sudah rusak karena bergesekan dengan tali busur. Itu dikarenakan seringnya pemakaian selama setahun ini, namun seiring dengan tingkat pemakaian finger tab yang lumayan bagus kualitasnya juga akan rusak.

Sekarang coba bayangkan pada jari teman-teman ketika tidak menggunakan finger tab pada seperti pada gambar. Tentu jari-jari kita akan terluka bukan! Bahkan seorang atlit professional pun menggunakan finger tab demi menghindari cidera yang tidak diinginkan. Jadi sebaiknya kita menggunakan finger tab ketika hendak berlatih olahrga panahan.

3. Pelindung Dada, untuk melindungi bagian dada
5 alat pelindung olahraga panahan untuk pemula
Chest guard berguna melindungi dada saat panahan (Foto: Dokumen Pribadi)

Chest Guard atau pelindung dada adalah alat pelindung panahan selanjutnya yang sama pentingnya dipakai ketika hendak memanah. Apa pentingnya alat ini? Mungkin untuk orang yang kurus tidak akan terkena sabetan tali busur atau string, namun karena tubuh setiap orang berbeda-beda, chest guard ini sangat penting digunakan. Bahkan saya sendiri yang tidak terlalu gemuk pun merasakan sabetan tali busur karena memang menarik tali busur sampai kebagian dada, dan rasa sakitnya lumayan apabila tidak menggunakannya.

Juga selain melindungi bagian dada, fungsi lainnya adalah membantu mengurangi gesekan pada kaus pemanah, karena apabila mengenai kaus maka lesatan anak panah tidak akan berjalan dengan baik dan sempurna karena terhambat. Pemanah professional pun akan menggunakannya, terlebih lagi pemula jadi harus dimilikinya.

4. Quiver, yang digunakan untuk menaruh anak panah
5 alat pelindung olahraga panahan untuk pemula
Quiver sebagai pelindung anak panah (Foto: Dokumen Pribadi)

Quiver atau kantung anak panah adalah alat yang membantu kita mempermudah mengambil anak panah. Kenapa harus menggunakan quiver? Coba teman-teman bayangkan apabila arrow atau anak panah diletakkan begitu saja di tanah ketika ingin memanah. Tidak hanya membahayakan orang lain karena ujungnya yang tajam, namun bisa saja arrow kita terinjak orang lain dan akhirnya bengkok bahkan bisa patah.

Jadi untuk pemula bahkan professional pun menggunakan quiver di setiap berlatih ataupun berlomba demi menjaga keamanan orang lain dan tidak merugikan diri sendiri dikarenakan harga arrow ada yang cukup mahal.

5. Puller, untuk menarik anak panah yang menancap
5 alat pelindung olahraga panahan untuk pemula
Puller sebagai alat bantu pelindung tangan saat mencabut anak panah (Foto: Google Image)

Puller atau penarik adalah alat yang dipakai ketika hendak mencabut anak panah yang menancap di target. Mengapa harus miliki puller? Dikarenakan anak panah yang menancap kedalamannya berbeda-beda dan apabila kondisi telapak tangan basah maka akan semakin sulit untuk mencabutnya. Disamping mempermudah mencabut anak panah, puller juga membantu agar tidak merusak bulu pada anak panah apabila gagal dicabut dan tidak menggesek kulit kita.

Nah, itulah dia ulasan 5 pelindung olahraga panahan untuk pemula yang harus dimiliki. Apabila kantong sedang tidak bersahabat, banyak pilihan yang murah meriah loh. Selamat mencari pembaca budiman, dan semoga ulasan ini bermanfaat.
Jikalau kalian memiliki rekomendasi silahkan bagikan di kolom komentar. Terimakasih.

Baca Juga:

Comments

Popular posts from this blog

5 Contoh Teks Naskah Berita Yang Perlu Anda Ketahui

Halo Good Readers.. Kembali berjumpa lagi dengan saya, semoga kalian dalam keadaan sehat selalu yaa. Oke, kali ini saya akan memberikan contoh teks naskah berita televisi yang sudah saya himpun dari beberapa stasiun TV swasta. Teks naskah berita yang baik tentunya mengandung unsur 5W+1H didalamnya dong yaa dan ada kode etik jurnalistik dalam menyampaikan berita salah satunya yaitu cover both side yaitu perlakuan berimbang terhadap objek yang diberitakan dan kita harus bersifat netral. Namun, sebelum kebagian teks naskah berita ada beberapa istilah-istilah yang perlu saya kasih tau nih, yaitu: a. Lead/Teras berita adalah paragraf pertama dalam berita yang mengandung gambaran umum suatu berita. Teras Berita yang ideal adalah yang menggandung unsur 5W + 1 H. Unsur 5 W + 1 H adalah  What  (Apa),  Who  (Siapa),  Why  (Kenapa),  When  (Kapan),  Where  (Dimana) dan  How  (Bagaimana). Namun tidak ada urutan rumus yang pasti dalam menempatkan mana yang harus lebih dulu ditulis

Makalah Sifat Relasi Manusia dan Pengembangan Relasi dalam Komunikasi Antar Pribadi

Halo Good Readers, tak terasa kini berjumpa diakhir bulan April. Oke kali ini saya akan memberikan pembahasan mengenai  Sifat Relasi Manusia dan Pengembangan Relasi dalam Komunikasi Antar Pribadi . Sumber footnote dan daftar pustaka juga sudah tertera yaa. Langsung saja silakan baca dibawah ini ya :) BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang       Pada dasarnya, relasi antar pribadi itu bersifat dinamis, sehingga bisa berubah dari tit i k harmonis ke titik konflik. K omunikasi memegang peran penting dalam membangun, mengembangkan, dan menjaga relasi antar pribadi.       Titik penting dalam relasi antar pribadi itu ada pada pemahaman . Komunikasi bisa membangun pemahaman, tetapi bisa juga sebaliknya membangun kesalahpahaman atau salah pengertian. Apabila komunikasi mampu membangun pemahaman, maka dalam relasi antarpribadi terbangun rasa percaya diri sehingga membawa pada keterbukaan dan akhirnya relasi yang intim. Kemampuan komunikasi dengan baik juga merupakan kemampuan yang

Cara mudah menggambar karakter di Anime Naruto "Kakashi Hatake"

Halo Good Readers and Good Sketchers. Lama tak jumpa nih, semoga kalian sehat selalu yaa. Oke, kali ini saya akan membagikan tutorial menggambar karakter di anime Naruto yang sudah tak asing lagi nih. Siapa? Ya, kita akan belajar menggambar gurunya Naruto yaitu Kakashi Hatake. Sebelum masuk ke bagian tutorial gambarnya, saya akan kasih sedikit gambaran sedikit. Siapa sih kakashi itu? Berikut sekilas tentang Kakashi Hatake. Kakashi hatake dicirikan punya mata yang sayu, rambut yang berwarna putih, mata kirinya ditutupi pelindung kepala Konoha, dan selalu membawa buku novel dewasa yang dibuat oleh Jiraiya. Dia adalah guru dari Naruto, Sakura, dan Sasuke atau biasa disebut Tim 7. Dia sendiri merupakan murid dari ayah Naruto yaitu Hokage ke-4 Minato Namikaze. Hal unik yang dimiliki Kakashi adalah mulut dan hidungnya yang tidak pernah diperlihatkan.  Ya mungkin sekarang kalian sudah ngga penasarankan dengan mukanya :D. Kelakuannya yang paling menjengkelkan bagi Naruto dan k