Skip to main content

Pasar, Wajahmu Dulu dan Sekarang

Apa sih Pasar itu?
Menurut KBBI, pasar adalah tempat orang berjual beli. Namun bagi saya pasar lebih dari sekedar itu. Pasar juga merupakan wadah bersilaturahmi, berkumpul dengan orang lain, dan mencari informasi. Kok bersilaturahmi? kan ngga kenal. Justru karena ngga kenal kita yang datang sebagai pembeli bisa belajar bersosialisasi agar lebih akrab dengan para pedagang. Untungnya apa buat kita? Banyak, salah satunya bisa jadi pelanggan setia dan harga dagangan dapet diskon yang lumayan.

Fungsi Pasar yang sebenarnya apa sih?
Kalau melihat dari definisi pasar diatas yaa untuk memperjual belikan dagangan. Tapi adakah fungsi lain? Ya tentu, salah satunya pasar merupakan pendorong perekonomian masyarakat bahkan menurut pandangan saya jual beli dagangan sudah ada sejak zaman Nabi dan masih eksis sampai sekarang. Dan terbukti pasar memiliki peran penting dalam menyambung kehidupan orang lain.

Pengalaman Pribadi di Pasar?
Kalau saya sendiri mungkin sudah dari kecil sudah diajak ke pasar oleh ibu saya entah hanya untuk membeli sayur ataupun pakaian. Dan kini saya pun masih sering ke pasar tiap minggunya. Pasar asik kok.
Apa istimewanya Pasar? Pasar kan kotor, kumuh, jorok. Siapa bilang?
Kalau kondisi pasar emang bener kaya gitu pasti ngga ada yang mau dateng apalagi jualan, karena pasti pedagang juga rugi udah sewa kios, listrik, segala macem.

Walaupun kadang sampai sekarang masih nyasar-nyasar di dalemnya karena ramenya manusia yang lalu lalang hahaha. Saya lahir era 97’an dan saya masih ingat jajanan masa kecil saya sampai sekarang dan jajanan itu masih ada di pasar. Karena saya suka dan rasanya juga enak saya kadang ke pasar cuma buat nyari jajanan tradisional yang ngga ada di mall saat ini.

Ngomong-ngomong soal mall, di pasar banyak hal yang bisa kita lakukan yang dimana di mall ngga bisa kita lakukan. Apa aja?
Mungkin dulu ada sistem barter, taukan barter? Tukar-menukar barang. Karena sekarang sudah ada alat pembayaran yang sah yaitu Uang jadi barter sudah ngga ada lagi. Tapi saya kadang masih menemukan sistem ini di pasar desa-desa tertentu.

Di pasar kita bisa tawar-menawar, asik ngga tuh yang jago nawar pasti seneng banget kesini. Beda kalau ke mall harganya udah pasti segitu gabisa kurang, gabole dicicipin lagi makanannya hahaha.

Di pasar kita bisa nyobain dulu sebelum beli, misal mau beli buah kita cicipin dulu buat sampel manis atau ngga yakan?! Kalau manis dibeli kalau ngga yaa cicipin lagi yang lain hahaha jangan kebanyakan juga nanti pedagangnya rugi, nyicipin banyak beli kaga.

Untuk yang sudah sering ke pasar mungkin juga udah tau ya kalau hampir semuanya yang kita butuhin serba ada, seperti makanan, pakaian, aksesoris, elektronik, toko bunga, daging, sayur, bahkan di pasar ada yang jual racun loh, racun tikus maksudnya bukan racun yang lain hehe di mall ada emang yang jualan racun tikus? Saya belun pernah liat sih. Yakan di pasar semuanya ada dan harganya merakyat banget dan masih bisa ditawar, kurang apa coba tuh pasar.

Beneran semuanya ada? Yaa ngga juga sih, saya bilangkan “hampir” , saya sebenernya penasaran kenapa di pasar ngga ada yang jualan batu bara hahaha ini sebenernya saya pengen tau aja sih, kepo batu bara tuh bentuk aslinya sama rasa ketika dipegangnya kaya gimana, rasa dipegang loh yaa bukan dimakan hahaha. Soalnya saya cuma bisa liat di gambar sama mbah google hahaha.

Kalau di mall kita mau tanya-tanya sama orang kadang suka ngga enak atau malu karena beda kelas sosial gitu deh, kalau di pasar mah ngomong sama orang lain yaa udah kaya ngomong sama tetangga, santai dan akrab aja gitu ngga mikirin status sosialnya apa, kelasnya apa. Ngomongin apa? Biasanya soal harga, ada kenaikan atau ngga, terus kondisi sayur mayur bagus ngga, kira-kira obrolan kaya gitulah.

Bahkan sosialisasi di pasar ngga ketinggalan zaman loh, sampe pedagangnnya juga gaul lah ngga kudet (kurang update) gitu, tau game Mobile Legends? Taulah pasti anak zaman now mah. Di pasar pedagangnya aja pada main sampe punya grup sendiri, kerenkan. Ngga cuma itu pedagangnya punya sosial media lebih lengkap dari saya kali hahaha saya tau karena sering ngobrol bareng.

Namun dibalik kemajuan pasar yang begitu berkembang dulu, hanya kisaran beberapa ratus kios yang masih bertahan untuk pasar yang saya kunjungi yaa. Dulu era 2000an pasar tuh ramai banget asli sampai ditangga pun ada yang jualan.
Kini di zaman yang mulai serba modern ini banyak kios-kios yang tutup karena kurangnya jumlah pembeli yang datang. Lantas kenapa masih ada yang bertahan? Itu dikarenakan mereka punya pelanggan tetap dan jika mereka pindah tidak tahu harus kemana bahkan bisa kehilangan pelanggan dan mata pencahariannya.



Sekarang banyak orang yang berjualan online, tidak ada salahnya untuk berjualan online karena tidak mau repot keluar rumah dan sewa kios. Namun kondisi ini masih belum memberikan solusi untuk para pedagang yang berjualan di pasar.

Coba deh sekali-kali kalian ke pasar, bedain rasanya sama beli dagangan di mall dan beli online. Tanya pedagangnya, tanya keluh kesahnya, nanti anda akan merasakan perbedaan yang signifikan. Selamat berkunjung.

Comments

Popular posts from this blog

5 Contoh Teks Naskah Berita Yang Perlu Anda Ketahui

Halo Good Readers.. Kembali berjumpa lagi dengan saya, semoga kalian dalam keadaan sehat selalu yaa. Oke, kali ini saya akan memberikan contoh teks naskah berita televisi yang sudah saya himpun dari beberapa stasiun TV swasta. Teks naskah berita yang baik tentunya mengandung unsur 5W+1H didalamnya dong yaa dan ada kode etik jurnalistik dalam menyampaikan berita salah satunya yaitu cover both side yaitu perlakuan berimbang terhadap objek yang diberitakan dan kita harus bersifat netral. Namun, sebelum kebagian teks naskah berita ada beberapa istilah-istilah yang perlu saya kasih tau nih, yaitu: a. Lead/Teras berita adalah paragraf pertama dalam berita yang mengandung gambaran umum suatu berita. Teras Berita yang ideal adalah yang menggandung unsur 5W + 1 H. Unsur 5 W + 1 H adalah  What  (Apa),  Who  (Siapa),  Why  (Kenapa),  When  (Kapan),  Where  (Dimana) dan  How  (Bagaimana). Namun tidak ada urutan rumus yang pasti dalam menempatkan mana yang harus lebih dulu ditulis

Makalah Sifat Relasi Manusia dan Pengembangan Relasi dalam Komunikasi Antar Pribadi

Halo Good Readers, tak terasa kini berjumpa diakhir bulan April. Oke kali ini saya akan memberikan pembahasan mengenai  Sifat Relasi Manusia dan Pengembangan Relasi dalam Komunikasi Antar Pribadi . Sumber footnote dan daftar pustaka juga sudah tertera yaa. Langsung saja silakan baca dibawah ini ya :) BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang       Pada dasarnya, relasi antar pribadi itu bersifat dinamis, sehingga bisa berubah dari tit i k harmonis ke titik konflik. K omunikasi memegang peran penting dalam membangun, mengembangkan, dan menjaga relasi antar pribadi.       Titik penting dalam relasi antar pribadi itu ada pada pemahaman . Komunikasi bisa membangun pemahaman, tetapi bisa juga sebaliknya membangun kesalahpahaman atau salah pengertian. Apabila komunikasi mampu membangun pemahaman, maka dalam relasi antarpribadi terbangun rasa percaya diri sehingga membawa pada keterbukaan dan akhirnya relasi yang intim. Kemampuan komunikasi dengan baik juga merupakan kemampuan yang

Cara mudah menggambar karakter di Anime Naruto "Kakashi Hatake"

Halo Good Readers and Good Sketchers. Lama tak jumpa nih, semoga kalian sehat selalu yaa. Oke, kali ini saya akan membagikan tutorial menggambar karakter di anime Naruto yang sudah tak asing lagi nih. Siapa? Ya, kita akan belajar menggambar gurunya Naruto yaitu Kakashi Hatake. Sebelum masuk ke bagian tutorial gambarnya, saya akan kasih sedikit gambaran sedikit. Siapa sih kakashi itu? Berikut sekilas tentang Kakashi Hatake. Kakashi hatake dicirikan punya mata yang sayu, rambut yang berwarna putih, mata kirinya ditutupi pelindung kepala Konoha, dan selalu membawa buku novel dewasa yang dibuat oleh Jiraiya. Dia adalah guru dari Naruto, Sakura, dan Sasuke atau biasa disebut Tim 7. Dia sendiri merupakan murid dari ayah Naruto yaitu Hokage ke-4 Minato Namikaze. Hal unik yang dimiliki Kakashi adalah mulut dan hidungnya yang tidak pernah diperlihatkan.  Ya mungkin sekarang kalian sudah ngga penasarankan dengan mukanya :D. Kelakuannya yang paling menjengkelkan bagi Naruto dan k